Deretan Saham Paling Ramah Lingkungan, Ada Milik Konglomerat

Jakarta, CNBC Indonesia – Investor saat ini mulai melihat faktor lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG) dalam pengambilan keputusan investasi.

Maka dari itu Bursa Efek Indonesia sebagai regulator pasar modal Indonesia merilis penilaian risiko ESG.

Saat ini BEI bekerja sama dengan Morningstar Sustainalytics untuk melakukan penilaian ESG. BEI hanya menampilkan penilaian yang sudah dilakukan oleh lembaga penilai tersebut.

Berikut daftar saham yang memiliki skor ESG terbaik menurut penilaian :

Penilaian risiko ESG oleh Sustainalytics menggunakan konsep dekomposisi risiko yakni perusahaan dihadapkan pada dua dimensi isu ESG yaitu exposure dan management.

Exposure merupakan risiko material ESG yang dihadapi oleh perusahaan dan mempengaruhi penilaian risiko ESG.

Sementara management merupakan komitmen dan tindakan nyata perusahaan dalam menangani isu ESG melalui berbagai kebijakan dan program kerja perusahaan.

Selanjutnya berdasarkan penilaian skor ESG, perusahaan tercatat dikelompokkan pada salah satu dari 5 kategori.

Pertama adalah Negligible dengan skor risiko 0-10. Perusahaan yang masuk dalam kategori ini dianggap memiliki risiko ESG yang dapat diabaikan.

Kedua, kategori Low dengan skor risiko 10-20, dianggap memiliki risiko ESG yang rendah. Setelah itu kategori Medium dengan skor 20-30 yaitu perusahaan dianggap memiliki ESG rendah.

Kategori selanjutnya adalah High yang dianggap memiliki risiko ESG yang tinggi, memiliki skor 30-40.

Paling berat adalah kategori Severe dengan skor di atas 40. Ini karena perusahaan yang masuk dalam kategori ini dianggap memiliki risiko ESG yang berat. https://bagaimanacaraya.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*