Jokowi Terbang ke Filipina-Vietnam-Brunei, Balik ke RI 14 Januari 2024

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke luar negeri selama lima hari ke depan. Terdapat tiga negara yang menjadi tujuan Jokowi, yaitu Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

“Kunjungan terakhir saya ke ketiga negara ini sudah lebih dari lima tahun yang lalu dan sudah dikunjungi oleh beliau-beliau (kepala negara ketiga negara itu) ke Indonesia. Mungkin tidak sekali, dua kali, tiga kali bahkan mungkin lima kali, baik perdana menteri maupun presidennya,” kata Jokowi di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (9/1/2024).

Jokowi juga mengatakan dalam kunjungan ke Filipina juga akan merayakan 75 tahun hubungan diplomatik antarkedua negara.

“Filipina merupakan mitra penting Indonesia. Produk alutsista Indonesia banyak yang dibeli oleh Filipina serta investasi Indonesia di Filipina juga cukup signifikan,” katanya.

Selain itu, dalam kunjungannya ke Vietnam Jokowi menyebut akan membicarakan pencapaian target perdagangan.

“Kemudian Vietnam merupakan salah satu mitra strategis perdagangan Indonesia yang pencapaian target perdagangannya juga semakin tahun semakin baik. Sehingga kita ingin membicarakan target pencapaian untuk perdagangan yang lebih baik lagi,” jelasnya.

Sedangkan di Brunei Darussalam, Jokowi akan menghadiri royal wedding atau pernikahan Pangeran Mateen.

“Terakhir memang kunjungan ini karena ada undangan dari Sultan Hassanal Bolkiah untuk perkawinan anaknya Pangeran Mateen sehingga ini juga adalah kunjungan khusus ke Brunei Darussalam, selain juga ada pertemuan dengan pengusaha-pengusaha Brunei agar investasi di Indonesia,” kata Jokowi.

Rencananya Jokowi bersama delegasi terbatas akan kembali tiba di Indonesia pada tanggal 14 Januari 2024. https://penganjallapar.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*