Syarat Tebus Pupuk Subsidi Hanya dengan KTP, Petani Ungkap Faktanya..

SHARE  

Puluhan petani berdemo di Kantor Kementan. CNBC Indonesia/Martyasari Rizky Foto: Puluhan petani berdemo di Kantor Kementan. CNBC Indonesia/Martyasari Rizky

Jakarta, CNBC Indonesia – Serikat Petani Indonesia (SPI) mengadu ihwal distribusi pupuk subsidi yang menjadi program pemerintah ternyata tidak langsung dirasakan oleh para petani, karena ada sejumlah masalah birokrasi dan administrasi yang justru malah menyulitkan petani.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Departemen Polhukam DPP SPI Angga Hermanda saat ditemui di depan Kantor Kementerian Pertanian (Kementan), Ragunan, Jakarta, Jumat (19/1/2024). Sebagai informasi, hari ini puluhan petani dari Indramayu dan Banten yang tergabung dalam SPI melakukan aksi demo di depan Kantor Kementan untuk menolak keras dilakukannya importasi beras, apalagi di saat kondisi panen seperti sekarang ini.

“Itu tidak langsung dirasakan. Selama ini kan masalahnya itu di birokrasi dan administrasi ya. Kita itu mau tebus pupuk harus dicek, ada atau engga lahannya, kita nggak bisa semena-mena dapat pupuk, karena syaratnya harus punya tanah,” ujarnya.

Baca: Petani Tolak Impor Beras & Teriak Harga Gabah Anjlok, Ini Kata Bapanas

Sedangkan, lanjut Angga, para petani yang tergabung dalam SPI banyak yang tidak memiliki tanah. “Ya nggak bisa masuk syarat itu, kalau mau dapat akses pupuk subsidi itu syaratnya harus punya tanah, bukan penggarap,” lanjut dia.

Angga menyebut persyaratan KTP untuk menebus pupuk subsidi kenyataannya di lapangan tidak seperti demikian. Petani tetap diharuskan memiliki lahan pertanian sendiri untuk bisa mendapatkan subsidi pupuk.

“Syarat KTP belum dirasakan petani. Adapun kalau bisa pakai KTP, itu yang sudah terdaftar, yang sudah masuk RDKK (rencana definitif kebutuhan kelompok) tani,” ucapnya.

Sebelumnya, untuk mendukung percepatan tanam, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meminta agar pupuk subsidi bisa dengan mudah didapatkan oleh para petani.

Mengutip keterangan tertulisnya, saat ini Amran tengah berupaya memberikan kemudahan akses pupuk bersubsidi bagi petani. Apabila sebelumnya petani perlu menggunakan kartu tani untuk menebus pupuk subsidi, sekarang mereka cukup menggunakan kartu tanda kependudukan, selama sudah terdaftar dalam gabungan kelompok tanihttps://outbackball.com/ (gapoktan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*