Gibran Janji Lanjutkan Program Reforma Agraria Jokowi, Ini Alasannya

SHARE  

Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka menyampaikan gagasanya saat debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Minggu, (21/1/2023). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Gibran Rakabuming Raka. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia – Calon wakil presiden nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka berjanji akan melanjutkan program pemerintahan Presiden Joko Widodo terkait Reforma Agraria. Janji itu disampaikan Gibran dalam debat kedua cawapres peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam.

Baca: Janji Gibran: Anggaran Dana Desa Pasti Naik!



Menurut dia, saat ini sudah ada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang sudah berhasil membagikan 110 juta sertipikat tanah.

“Dulu sebelum ada program ini, hanya bisa menghasilkan dan membagikan 500 ribu sertipikat. Bayangkan itu butuh berapa tahun untuk menyelesaikan masalahnya,” kata Gibran.

Lebih lanjut, dia bilang sekarang ada program redistribusi tanah di mana tanah-tanah hak guna usaha (HGU) disimpan di bank tanah. Tanah-tanah itu kemudian diredistribusi ulang kepada pengusaha lokal hingga petani lokal.

“Sekarang juga ada program one map policy. Ini sangat berguna sekali untuk mengurangi adanya konflik, sengketa tanah, mafia tanah, dan lain-lain karena data base sudah digital. Batas-batas tanah sudah ter-capture semua di data base,” ujarhttps://outbackball.com/Gibran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*