Ini Dia Raja Mobil Listrik Terlaris Tahun 2023, Merek Ini Tancap Gas

SHARE  

Wuling Bingo. (Ist CNN Indonesia) Foto: Wuling Bingo. (Ist CNN Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia – Penjualan mobil listrik di Indonesia terus mengalami pertumbuhan pesat. Dua mobil listrik paling laris merupakan produksi dalam negeri, yakni Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air ev. Keduanya mendapatkan subsidi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari 11% menjadi hanya 1%.

Karena subsidi itu, maka potongan diskonnya tergolong lumayan. Setelah dihitung-hitung berkat ‘subsidi’ pemerintah, harga Wuling Air ev paling banyak dipotong Rp 26 jutaan untuk unit di harga Rp 300 jutaan.

Sementara Hyundai Ioniq 5 mendapat subsidi Rp 60-75 juta bergantung tipenya. Tipe standard range dengan banderol Rp 681,9 juta mendapat subsidi lebih kecil, sementara long range dengan harga Rp 783,1 juta mendapat subsidi lebih besar.

Wuling Binguo yang baru rilis akhir November juga mampu terjual ribuan unit, atau berkisar satu bulan. Mobil ini dibanderol Rp358 juta untuk varian 333 kilometer, sementara varian tertinggi 410 kilometer dijual Rp408 juta.

Baca: Australia Kalang Kabut Harga Nikel & Litium Anjlok, Gara-Gara RI?
Kolase Hyundai Ioniiq 5 dan Wuling Air EvFoto: Kolase Hyundai Ioniiq 5 dan Wuling Air Ev
Kolase Hyundai Ioniiq 5 dan Wuling Air Ev

Yang mengejutkan, mobil-mobil Eropa juga mampu catat kinerja penjualan yang positif di tahun 2023.

BMW iX terjual sebanyak 615 unit sepanjang 2023 meski dibanderol Rp2 miliaran.

Sementara itu Mini Electric terdata laku 185 unit. Model ini berada di urutan 6 dari 10 mobil listrik https://outbackball.com/terlaris 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*