PM India Modi Beri Selamat ke Prabowo, Sebut Presiden Baru

SHARE  

The Prime Minister of India Narendra Modi greets the performers when arriving at VVIP Terminal of Soekarno Hatta Airport, Banten, Thursday (7/9/2023). Media Center of The ASEAN Summit 2023/Raisan Al Farisi/aww/Intan. 

 *** Local Caption *** Perdana Menteri India Narendra Modi menyapa penari saat tiba di Terminal VVIP Bandara Soekarno Hatta, Banten, Kamis (7/9/2023). Media Center KTT ASEAN 2023/Raisan Al Farisi/aww. Foto: (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)

Jakarta, CNBC Indonesia – Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi memberikan selamat kepada masyarakat Indonesia atas suksesnya pemilihan presiden baru, serta kemenangan calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto.

“Selamat kepada masyarakat Indonesia atas keberhasilan pemilihan Presiden dan kepada Prabowo Subianto atas kepemimpinannya,” kata Modi dalam postingan di X pada Minggu (18/2/2024).

“Saya berharap dapat bekerja sama dengan Presiden baru untuk lebih memperkuat Kemitraan Strategis Komprehensif antara India dan Indonesia,” tambahnya.

Baca: Ramai-Ramai Media China Sorot Kemenangan Prabowo, Ada Apa?

Modi bukan pemimpin pertama yang mengucapkan selamat kepada Prabowo, yang memenangkan perhitungan cepat (quick count) pemilu presiden (pilpres) yang digelar 14 Februari lalu. Beberapa pemimpin negara lain telah melakukan hal yang sama.

Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi salah satu pemimpin negara, yang memberikan selamat ke Prabowo. Ini disampaikan dalam kanal Telegram milik kementerian luar negeri negara tersebut.

“Presiden Vladimir Putin memberikan ucapan selamat pada Prabowo Subianto, presiden terpilih Indonesia dan ketua umum Partai Gerindra,” tulis pengumuman dalam kanal Telegram tersebut dikutip Senin.

Baca: Tiba-Tiba Surya Paloh Temui Jokowi di Istana, Ada Apa?

Putin mengatakan aktivitas Prabowo nantinya akan memiliki kontribusi pada hubungan dua negara. Termasuk, tambahnya, memperkuat keamanan dan stabilitas.

Kanal tersebut juga mengutip ucapan Putin yang mengatakan menunggu untuk bisa melakukan dialog dengan Prabowo. Selain itu juga kerja sama dengan Indonesia di masa depan.

“Saya yakin aktivitas Anda sebagai presiden akan berkontribusi pada hubungan Rusia dan Indonesia untuk kepentingan negara dan memperkuat keamanan dan stabilitas di Asia Pasifik,” jelasnya.

“Saya menantikan dialog konstruktif dan kerja sama bermanfaat soal isu terkini terkait bilateral dan internasional,” ujarnya lagi.

Sementara pemerintah Presiden China Xi Jinping melalui Duta Besar (Dubes) China untuk RI, Lu Kang, juga memberi selamat ke Prabowo. Dalam instagram resmi Prabowo, terlihat Dubes Lu yang berdiskusi dengan Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, kemarin.

Sebelumnya, Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak mengirimkan surat khusus kepada Prabowo. Surat dibawa langsung oleh Duta Besar (Dubes) Inggris Dominic Jermey ke kediaman Prabowo, Sabtu.

Ini dibuat di laman Instagram resmi kedutaan Inggris. Surat berisi ucapan selamat dari London kepada Prabowo yang telah unggul di quick count dan juga hasil hitung sementara KPU.

Prabowo juga sempat mendapat selamat dari sejumlah kepala negara lain pekan lalu. Mereka adalah Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese dan Wakil PM Richard Marles. Selain itu ada pula PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Malaysia Anwar Ibrahim dan Presiden Srilanka Ranil https://outbackball.com/Wickremesinghe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*