PNS Terima Kenaikan Gaji 8% Mulai Maret 2024, Segini Besarannya!

SHARE  

Infografis, Selamat THR PNS Tahun Ini Lebih Gede Lho Foto: Ilustrasi gaji PNS/Edward Ricardo

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah mulai membayarkan gaji baru egawai Negeri Sipil (PNS) yang naik 8% mulai bulan ini, Maret 2024. Kenaikan ini telah ditetapkan oleh Presiden Jokowi dalam Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2024 tentang Perubahan Kesembilan Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Penerapan gaji baru PNS, TNI dan Polri ini ditetapkan sebesar 8% mulai Maret. Adapun, kenaikan gaji ASN pada Januari dan Februari akan direkapitulasi pada gaji bulan Maret 2024.

“Kami sudah mendapatkan informasi di bulan Maret nanti gaji berdasarkan yang sudah ditetapkan oleh Presiden akan dilaksanakan,” kata Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Isa Rachmatawarta dalam konferensi pers APBN Kita, Kamis (22/2/2024).

Baca: Bakal Diteken Jokowi, THR PNS Tahun Ini Lebih Besar dari 2023

Isa juga menegaskan pembayaran gaji bulan Maret nantinya juga akan merapel kenaikan gaji di bulan Januari dan Februari 2024. Menurut dia, sisa gaji di dua bulan pertama tahun 2024 itu akan dirapel di bulan Maret.

Demikian rapelnya sudah dibayarkan di bulan Maret, semoga kita bisa segera mendapatkan realisasinya,” kata Isa.

Sebelumnya, Jokowi telah memutuskan untuk menaikkan gaji ASN, termasuk PNS, serta anggota TNI/Polri sebesar 8% pada 2024. Kenaikan gaji tersebut seharusnya mulai berlaku pada Januari 2024. Akan tetapi, realisasi kenaikan ini harus menunggu terbitnya peraturan pemerintah. Sehingga pada Januari dan Februari, para PNS masih menerima gaji yang normal.

Pelaksanaan pembayaran gaji yang sudah naik itu akhirnya bisa terlaksana setelah pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2024 tentang Perubahan Kesembilan Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil. Peraturan tersebut baru terbit pada akhir Januarihttps://outbackball.com/ lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*