Hizbullah Serang Pusat Komando Israel, Bersiap Perang Skala Penuh

Jakarta, CNBC Indonesia – Israel dan Hizbullah semakin dekat menuju perang skala penuh ketika kelompok militan Lebanon yang didukung Iran itu meluncurkan drone peledak ke pangkalan komando utama Israel. Aksi itu merupakan bagian dari tanggapan mereka terhadap pembunuhan tingkat tinggi Israel baru-baru ini di Lebanon.

Hizbullah mengumumkan telah meluncurkan “sejumlah drone penyerang eksplosif” di pangkalan komando militer Israel utara di Safed, yang merupakan pertama kalinya mereka menargetkan lokasi tersebut.

Ketika sirene serangan udara terdengar di Israel utara pada Selasa (9/1/2024), pesawat, drone, dan artileri Israel menyerang beberapa sasaran di Lebanon selatan, termasuk serangan terhadap mobil saat pemakaman seorang komandan senior pasukan elit kelompok Radwan yang terbunuh sehari sebelumnya.

Perdana Menteri sementara Lebanon, Najib Mikati – seorang pengusaha dan politisi Sunni yang menggambarkan dirinya sebagai “liberal” dan bukan bagian dari Hizbullah – mengatakan bahwa meskipun negaranya terbuka untuk negosiasi, negaranya terancam perang.

“Kami mengupayakan stabilitas permanen dan menyerukan solusi damai yang langgeng,” kata Mikati, dilansir The Guardian, Rabu (10/1/2024).

“Tetapi sebagai imbalannya kami menerima peringatan melalui utusan internasional tentang perang terhadap Lebanon,” tambahnya, mengacu pada laporan ancaman dari Israel yang disampaikan melalui diplomat asing.

“Posisi yang saya ulangi kepada para delegasi ini adalah: apakah Anda mendukung gagasan penghancuran? Apakah yang terjadi di Gaza dapat diterima?”

Hizbullah mengutip pembunuhan Wissam al-Tawil, seorang tokoh senior dalam kelompok tersebut, pada Senin dan Saleh al-Arouri, wakil ketua Hamas, pekan lalu dalam pernyataannya tentang serangan terhadap pangkalan Safed. Kedua pembunuhan tersebut terjadi di tanah Lebanon.

Hizbullah adalah partai politik dengan menteri di kabinet Lebanon dan merupakan gerakan militan dengan kekuatan yang lebih kuat dari tentara nasional. Lebanon memiliki sistem pembagian kekuasaan dengan peran-peran kunci yang dibagi berdasarkan sektarian.

Hizbullah mengatakan pihaknya juga menyerang setidaknya enam pos militer Israel di sepanjang perbatasan pada hari Selasa.

Laporan media Israel dan rekaman video yang diunggah di media sosial mengonfirmasi bahwa setidaknya satu drone telah mendarat di dalam area pangkalan Safed dengan asap akibat ledakan terlihat di beberapa rekaman.

Tentara Israel mengonfirmasi bahwa “pesawat musuh” telah jatuh di salah satu pangkalannya di utara dan mengatakan bahwa “tidak ada korban luka atau kerusakan yang dilaporkan.”

Serangan Provokatif

Kekerasan di perbatasan telah memaksa puluhan ribu orang mengungsi dari kedua belah pihak dan menimbulkan kekhawatiran bahwa konflik akan meningkat.

Israel mengatakan pihaknya memberikan peluang diplomasi untuk mencegah Hizbullah menembaki orang-orang yang tinggal di wilayah utara dan untuk mengusir Hizbullah dari perbatasan, dengan memperingatkan bahwa tentara Israel akan mengambil tindakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Namun, Israel telah melancarkan serangkaian serangan yang sangat provokatif terhadap sasaran di Lebanon dalam seminggu terakhir, termasuk pembunuhan besar-besaran terhadap Arouri, serangan pertama terhadap ibu kota Lebanon, Beirut, sejak 2006.

Menurut laporan, pria yang terbunuh pada pemakaman Selasa adalah Ali Hussein Barji, komandan pasukan udara Hizbullah di Lebanon selatan. Media Israel mengatakan dialah yang mengarahkan serangan Safed.

Pembunuhan itu terjadi ketika ratusan pendukung Hizbullah menghadiri prosesi pemakaman Tawil, dengan bendera kuning kelompok itu menutupi peti matinya.

Tawil dianggap sebagai tokoh penting dalam Hizbullah. Dia terlibat dalam penculikan tentara Israel, yang memicu perang terakhir kelompok tersebut dengan Israel pada tahun 2006, serta operasi kaliber tinggi di Suriah. Dia juga “mengarahkan sejumlah operasi” terhadap pasukan Israel sejak perang Gaza dimulai, kata Hizbullah.

Meningkatnya kekerasan terjadi ketika Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, melakukan tur ke Timur Tengah dalam upaya mencegah perang antara Israel dan Hamas menyebar secara regional.

Peringatan Hizbullah

Dalam peringatan yang tajam, wakil pemimpin Hizbullah, Naim Qassem, mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi pada hari Selasa bahwa kelompoknya tidak ingin memperluas perang dari Lebanon, “tetapi jika Israel memperluasnya, maka respons yang tidak dapat dihindari akan mencapai tingkat maksimum. diperlukan untuk menghalangi Israel.”

Qassem menambahkan bahwa gelombang pembunuhan yang ditargetkan oleh Israel “tidak dapat mengarah pada fase kemunduran, melainkan mendorong perlawanan.”

Sebelumnya pada Selasa, serangan pesawat tak berawak Israel menghantam sebuah mobil di Lebanon selatan, sekitar 10 km dari perbatasan, menewaskan tiga orang di dalamnya, kata pejabat keamanan di daerah tersebut dan kantor berita negara. Sumber tidak segera mengidentifikasi mereka yang tewas.

Serangan Safed adalah serangan kedua yang menghantam lokasi penting militer Israel dalam beberapa hari terakhir setelah serangan di pangkalan udara Mount Meron pada hari Sabtu, yang menyebabkan kerusakan signifikan.

Meningkatnya kekerasan antara Israel dan Hizbullah memicu kekhawatiran bahwa perang Israel dengan Hamas di Gaza terancam menyebar ke seluruh wilayah.

Serangan pada hari Selasa, termasuk beberapa serangan yang relatif jauh dari daerah perbatasan, telah menggarisbawahi meningkatnya ketegangan di sepanjang perbatasan sejak Hizbullah mulai menyerang pos militer Israel sehari setelah serangan tanggal 7 Oktober di Israel selatan oleh kelompok militan Hamas yang bermarkas di Gaza.

Hizbullah mengatakan bahwa dengan menjaga front utara Israel tetap aktif, mereka membantu mengurangi tekanan terhadap Hamas di Gaza. https://bersiaplah.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*